Dari garasi parkir ke gedung pencakar langit di tengah-tengah kota yang ramai, proses industri modern membutuhkan material yang mampu menahan banyak hal. Para insinyur pun akhirnya menggunakan logam dalam proses konstruksi mereka. Semua berkat kekuatan, ketersediaan, dan keserbagunaan mereka. Tetapi, dengan begitu banyak jenis logam yang tersedia, yang mana yang paling kuat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan dalam artikel ini. [Baca juga: Logam Terkeras di Dunia (Part 1)]

Osmium (3920–4000 MPa)

Osmium termasuk dalam kelompok logam platinum dan menampilkan kepadatan tinggi. Faktanya, ini adalah unsur terpadat alami di Bumi dengan 22.59 g/cm3. Ketika dicampur dengan logam kelompok platinum lainnya (seperti iridium, platinum, dan paladium), Osmium dapat digunakan di berbagai bidang yang membutuhkan kekerasan dan daya tahan.

Kunjungi Juga Artikel Besi Beton : https://solusibaja.co.id/produk-produk-besi-baja-dan-logam/besi-beton/

Chromium (687-6500 MPa)

Chromium adalah unsur yang sering ditemukan dalam campuran logam, seperti baja tahan karat. Pada skala Mohs, yang mengukur resistensi gores, logam Chromium ditemukan dalam daftar paling atas. Chromium dihargai karena ketahanan terhadap korosi yang tinggi serta kekerasannya. Selain itu, karena lebih mudah untuk dibentuk daripada logam kelompok platinum lainnya, Kromium adalah unsur yang populer digunakan dalam berbagai campuran logam.

Titanium (716 hingga 2770 MPa)

Titanium dikenal karena kekuatannya. Meskipun tidak sebanding dengan logam lain pada daftar ini, namun dalam hal Kekerasan Brinell, logam Titanium memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang mengesankan. Bahkan dalam bentuknya yang murni, Titanium lebih keras daripada banyak bentuk baja. Sebagai logam tahan api, panas, dan abrasi, maka tidak mengherankan jika Titanium adalah logam campuran yang populer. Logam ini biasanya dapat dicampur dengan besi dan karbon.

Itulah keseluruhan 6 jenis logam yang ada di dunia. Sama seperti banyaknya jenis logam di dunia, baja juga memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya adalah besi siku dan besi beton. Untuk Anda yang membutuhkan berbagai jenis baja, khususnya besi siku dan besi beton, maka Anda dapat memperolehnya melalui Solusi Baja Indonesia. Solusi Baja Indonesia sendiri hadir memberikan solusi material besi baja, material logam yang berkualitas, dan peralatan keselamatan untuk berbagai proyek konstruksi Anda dengan menyediakan berbagai produk besi baja, logam bangunan, dan peralatan keamanan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Solusi Baja Indonesia di solusibaja.co.id.

Kunjungi Juga Harga Wire Mesh Terbaru : https://solusibaja.co.id/produk-produk-besi-baja-dan-logam/wire-mesh-wiremesh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *