Rencana wisata adalah salah satu hal yang tidak jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Terlepas apakah itu berlibur ke tempat yang dekat (masih di tempat sendiri) maupun melakukan perjalanan wisata ke luar kota atau malahan luar pulau. Tapi, apa saja tujuan perjalanan wisata anda dan anggota member, karenanya penting sekali untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan penuh pertimbangan yang matang.

Salah satu hal yang umum dilakukan untuk merencanakan wisata adalah melakukan booking atau sewa bus pariwisata. Hal ini tentunya karena dengan menyewa bus pariwisata, banyak sekali manfaat dan kemudahan yang diperoleh, kalau dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi. Dan diantara beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Jenis dan kapasitas bus dapat dipilih sesuai keperluan serta anggaran budget.
  • Bus sudah menyediakan driver yang siap memandu kemanapun tujuan wisata yang akan dilakukan.
  • Driver yang siap memandu umumnya telah berpengalaman dalam route perjalanan tempat wisata.
  • Anggota rombongan lebih mudah diatur dan diorganisir dalam setiap perjalanan wisata.
  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih relatif murah sebab dibayar menurut cara gotong-royong.
  • Pihak PO bus yang baik akan menjemput dan memandu anda serta rombongan dengan tepat waktu.
  • Dapat mengangkut barang bawaan para penumpangnya dalam kapasitas yang cukup banyak.
  • Tersedia beragam fasilitas dari dalam bus yang akan membuat penumpangnya nyaman selama perjalanan.
  • Menggunakan bus akan lebih hemat lahan parkir di suatu tempat wisata jika dibandingi dengan menggunakakan mobil pribadi secara perseorangan.
  • Rombongan wisata tidak akan berpencar dan akan tetamudah terkontrol walau beda bus.
  • Akan lebih mampu menciptakan ikatan emosional dan keakraban yang lebih erat antar sesama anggota wisata.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh jika anda menjalankan rencana perjalanan wisata menggunakan bus pariwisata. Entah itu bus pariwisata di Jakarta maupun bus pariwisata lainnya yang terbaik serta terpercaya dan terdapat di tempat sekitar tempat tinggal anda. Terlepas dari semua manfaat yang diberikan, di dalam melaksanakan rencana perjalanan wisata, tentunya seharusnya ada beragam tahapan yang seharusnya dibereskan dan diatur terlebih dahulu sebelum melakukan sewa bus.

Hal tersebut umumnya dilakukan oleh para panitia yang siap mengontrol dan mengakomodasi segala sesuatunya, supaya rencana perjalanan wisata dapat berjalan dengan lancar. Bila anda telah berpengalaman menjadi panitianya, karenanya ini mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi bagi anda yang mungkin nanti ditunjuk sebagai panita, setidaknya anda telah tahu apa saja yang seharusnya anda lakukan sebagai panitia perjalanan wisata.

10 cara mengatur rencana wisata sebelum booking bus pariwisata

Di bawah ini terdapat beberapa cara atau beberapa hal yang seharusnya dikerjakan oleh tiap panitia wisata. Hal ini sangat penting untuk dikerjakan sebelum melakukan booking pada pihak armada bus. Oke langsung saja, adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menentukan tempat wisata

Hal yang pertama kali seharusnya direncanakan adalah mempertimbangkan tempat wisata yang akan anda dan anggota kunjungi. Entah itu tempat wisata yang terdapat di daerah anda maupun tempat wisata yang memerlukan waktu dan jarak tempuh yang cukup panjang. Setelah tempat wisata, usahakan tempat wisata tersebut adalah hasil dari kesepakatan bersama dari tiap anggota.

Baca Juga: Sewa Bus Jakarta

2. Membuat anggaran

Melakukan mempertimbangkan lokasi wisata, karenanya segeralah membuat pembentukan anggarannya. Ini adalah kunci utama suatu acara, apalagi acara wisata. Diskusikanlah dan susunlah dengan teliti untuk mempertimbangkan kisaran anggaran yang dibutuhkan saat pergi berwisata.

3. membuat jadwal perjalanan yang pasti

Tentukanlah waktu dan penjadwalan keberangkatan wisata dengan pasti, sebagai salah satu hal penting dalam proses pembookingan pada pihak bus nantinya.

4. Padahal riset lokasi wisata yang akan dikunjungi

Selanjutnya adalah melaksanakan riset lokasi wisata. Riset ini akan lebih baik dikerjakan secara langsung oleh sebagian panitia wisata supaya lebih jelas semua sesuatunya. Walaupun sekarang untuk melaksanakan riset dapat juga menggunakan bantuan dunia maya atau media online. Baik dekat maupun jauh, melakukan riset lokasi wisata adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Karea itu akan berakibat kepada kelancaran rencana wisata anda dan anggota anda nantinya.

5. Melakukan booking penginapan

Bila lokasi wisata yang akan anda kunjungi membutuhkan perjalanan yang cukup lama dan membutuhkan penginapan, maka saat proses riset lokasi, segeralah melakukan booking tempat penginapannya. Anda juga dapat mengatur kecocokan dengan jadwal wisata anda. Dan jangan lupa untuk minta nomor telpon pihak penginapan, kalau sewaktu-waktu anda ada perubahan jadwal atau pembatalan.

6. Menggunakan seragam anggota wisata (kalau perlu)

Lakukanlah pengorderan atau penjahitan pakaian anggota wisata jika ini dibutuhkan, dari jauh-jauh hari. Jangan sampai pakaian seragam tersebut masih belum selesai saat anda dan anggota akan berangkat menuju tempat wisata.

7. Selanjutnya membuat absen nama aggota bus

Ini adalah hal yang amat penting. Bila ini dianggap sepel atau hal kecil tapi kegunaannya sangat besar. Kegunaannya adalah supaya anda sebagai panitia dapat mengatur tiap anggota wisata di dalam tiap bus yang ditumpangi. Apakah telah lengkap atau belum, cocok dengan jumlah anggota dan daftar nama yang tertera di absen tersebut.

8. Mengatur waktu reservasi bus

Bila telah mempunyai rencana wisata, karenanya segeralah mengatur jadwal anda dengan pihak bus. Bila umumnya kalau di musim-musim libur anak sekolah, libur panjang hari raya, atau hari-hari besar lainnya, pihak sewa bus telah banyak yang mengorder. Belum lagi umumnya biaya yang akan diberi lebih besar dan naik dari biaya di hari-hari biasa. Jadi, jika bisa lakukanlah pengorderan dari jauh-jauh hari sebelum anda kehabisan armada bus yang akan anda sewa nanti.

9. Menentukan jasa penyewaan bus yang aman dan terpercaya

Cari tahu terlebih dahulu sebelum melaksanakan booking suatu bus pariwisata. Jangan hanya asal-asalan memesan saja. lihat dahulu keadaan busnya secara langsung, tanyakan kualitas serta fasilitas apa saja yang di berikan, berapa kisaran biaya yang seharusnya dibayar, serta tanyakan pula ketentuan-ketantuan lainnya yang seharusnya anda dan pihak bus sepakati bersama. Bila saat anda sudah menyetujui dan memberikan dp sebagai tanda sah melakukan sewa, karenanya secara otomatis anda sudah sependapat dengan semua ketetapan dari pihak jasa penyewaan bus.

10. Menyiapkan Plan A dan Plan B

Selanjutnya mebuat jadwal dan list rencana wisata adalah hal yang sangat penting untuk dikerjakan. hal ini gunanya supaya rencana wisata anda dan member lebih teratur dan terorganisir. Tapi ada kalanya beberapa hal yang tidak cocok dengan agenda yang sudah dibuat pada saat awal. Oleh sebab itu, bagi panitia untuk mengantisipasi segala sesuatunya, maka buatlah list plan B nya juga.

Nah itulah tips mengenai cara mengelola dan mengatur rencana wisata sebelum anda melakukan booking bus pariwisata, persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik. Sekian yag bisa kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat menolong dan berguna bagi Anda.

Simak Juga: Sewa Bus Pariwisata Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *