Demi mencari sekolah anak yang ideal, Anda memang perlu waktu khusus mengunjungi satu per satu sekolah yang telah diincar. Tentu tidak berlebihan jika dikatakan, pemilihan sekolah berkaitan dengan masa depan anak juga.

Maka, disaat melakukan kunjungan ke beberapa calon sekolah si anak, ada beberapa hal yang perlu dilihat. Jangan hanya karena memperhatikan brosur promosi atau bentuk gedungnya yang kelihatan mewah saja ya, tanpa memperhatikan hal-hal lain dari sekolah tersebut.


Karena salah memilih sekolah bisa berakibat negatif pada anak. Anak yang tidak menyukai cara belajar mengajar bahkan bisa mengalami stress, dilema emosional dan sosial apabila dia dipaksakan untuk menimba ilmu di tempat yang salah. Sebaliknya, sekolah yang baik yaitu sekolah yang dapat menumbuhkan potensi anak secara maksimal.

Simak Juga: IB School Jakarta


Untuk menghindari kekeliruan dalam memilih sekolah anak, berdasarkan Bukik Setiawan, psikolog dan salah satu penulis buku ‘Tutorial Memilih Sekolah untuk Si Zaman Now’, menulis di website Sahabat Takita, 10 hal yang perlu diperhatikan orang tua disaat waktu kunjungan ke sekolah:

– Visi sekolah
Mengamati visi sekolah mungkin seringkali terlewatkan oleh orang tua. Visi sekolah yang baik umumnya memakai kata-kata seperti menghargai, perilaku / karakter anak atau dengan kata lain yang memperlihatkan pusat perhatian utama sekolah yaitu si anak.

– Ukuran keberhasilan
Pengontrolan siswa terhadap keterampilan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, umumnya dievaluasi dari perilaku dan karya anak.

– Tantangan belajar
Tantangan belajar dari sekolah bukan hanya mengikuti tuntutan kurikulum, tetapi juga memadukannya dengan keperluan dan kemampuan anak.

– Metode penilaian
Ujian tertulis hanya menjadi salah satu cara penilaian. Metode penilaian lain yang diberlakukan sekolah dapat dalam wujud pameran karya dan pagelaran atraksi anak-anak.

Cek Juga: International School JakartaSuasana Sekolah

– Suasana sekolah cenderung stabil dan ramai dalam batasan yang tidak mengganggu antar anggota di sekolah.

– Pengembangan Guru
Sekolah mempunyai program pengembangan untuk guru baru. Ada mekanisme bagi guru untuk berbagi pengalaman mengajar secara terprogram .

– Keterlibatan Orang Tua
Orang tua juga turut dilibatkan dalam bermacam-macam aktivitas sekolah dan sekolah memberikan sosialisasi pada peran yang diharapkan dari orang tua.

– Makna Sarana
Sekolah bisa menjelaskaan pemakaian sarana prasarana dalam mendukung cara belajar mengajar.

– Tampilan Sarana Sekolah
Sekolah yang baik mempunyai dinding yang dihiasi dengan pajangan karya dari siswa-siswinya. Pajangan tersusun secara alami, tidak ada tempat kosong untuk piala karena habis untuk kesibukan belajar atau memajang karya anak. Fasilitas sekolah juga dilengkapi dengan petunjuk pemakaian fasilitas.

– Sarana Penunjang
Perhatikan kebersihan dan kesehatan dari sarana pendukung sekolah, seperti kantin dan WC. Kebersihan dan kesehatan kantin dan WC juga bisa menentukan kualitas pendidikan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan sekolah untuk anak Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan sekolah untuk anak Anda.

Baca Juga: Cambridge Curriculum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *