Berikut adalah beberapa saran tentang cara menyimpan dan merawat buku langka Anda dengan benar dan cara memperpanjang umurnya.

Rawat dengan hati-hati

Semua buku harus ditangani dan disimpan dengan hati-hati, agar kondisinya tetap baik atau untuk mencegah kerusakan yang semakin parah. Ingatlah bahwa buku yang dicetak dari pertengahan abad ke-19 dan seterusnya biasanya dicetak di atas kertas bubur kayu tanah mekanis, yang sering kali memiliki kandungan asam tinggi dan dapat dengan cepat berubah warna dan rapuh jika tidak disimpan dalam kondisi yang tepat.

Lihat Juga: Toko Buku Kuliah

Menyimpan buku langka Anda

Buku berukuran folio besar dan berat paling baik disimpan dalam keadaan datar. Buku lain di rak harus tetap tegak pada 90 ° dari permukaan rak dan harus didukung di kedua sisinya oleh buku atau dudukan buku dengan ukuran yang sama, untuk mencegah sampulnya melengkung. Jangan mengemas buku terlalu rapat atau sampulnya akan rusak saat Anda mencoba mengeluarkan buku dari rak.

Menarik buku di bagian atas tulang punggungnya untuk mengambilnya dari rak akan merusaknya – begitu juga akan membuatnya menghadap ke bawah dan terbuka untuk waktu yang lama.

Memperbaiki lingkungan

Dua faktor yang dapat meningkatkan kondisi lingkungan untuk buku Anda:

  • Petir
  • Suhu dan kelembaban

Pencahayaan

Buku harus disimpan jauh dari sinar matahari langsung, yang dapat membuat pudar kertas serta dapat menyebabkan peningkatan kandungan asam pada kertas.

Simak Juga: Buku Management

Suhu dan kelembaban

Suhu dan kelembaban relatif pada ruangan tempat penyimpanan buku juga sangat penting. Mengambil langkah-langkah dasar berikut akan membantu melestarikan buku Anda.

Cobalah untuk mencapai suhu dan kelembapan yang konstan di dalam area penyimpanan buku dan pastikan ada sirkulasi udara yang teratur – kotak kardus di loteng biasanya bukan lokasi terbaik untuk menyimpan buku berharga. Jika ruangan terlalu panas dan kering, binding kulit bisa mengering dan retak; Oleh karena itu, buku harus disimpan sejauh mungkin dari sumber panas seperti radiator dan api. Namun, suhu rendah itu sendiri tidak menghambat pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, penting untuk menghindari penyimpanan buku dalam kondisi lembab untuk mencegah spora jamur (jamur dan lumut), yang selalu ada di atmosfer, berkembang di buku Anda.

Buku harus dijauhkan dari sumber kelembaban dan kondensasi dan dari pipa air jika buku pecah atau bocor.

Batasan yang direkomendasikan

Jika memungkinkan, coba pertahankan suhu ruangan dalam kisaran 16 ° C hingga 19 ° C (60-66 ° F); jika Anda dapat mengukur kelembapan relatif, itu harus dijaga agar tetap konstan, dalam kisaran 45% hingga 60%. Jika Anda cukup mengkhawatirkan kondisi penyimpanan buku Anda, Anda dapat mengukurnya dengan memperoleh termohigrometer listrik portabel, yang dapat memberikan pembacaan digital suhu dan kelembapan relatif yang akurat; biaya berkisar dari Rp 300.000 – 1.400.000 rupiah untuk contoh dasar. Sebagai alternatif, jika Anda hanya ingin mengukur kelembapan, Anda dapat membeli dial kelembaban (hygrometer).

Membersihkan buku Anda

Periksa dan bersihkan buku Anda secara teratur, karena debu dapat dengan cepat menumpuk di buku. Sangat penting untuk diingat bahwa, jika kondisinya tepat, debu dapat menjadi sumber makanan untuk jamur dan lumut, yang dapat menyebabkan infestasi yang dapat melemahkan dan menodai buku dan kertas secara permanen.

Untuk membersihkan buku langka:

  • Hapus buku dari rak.
  • Pegang bukunya tertutup.
  • Bersihkan debu dengan hati-hati menggunakan kuas cat lembut di area yang jauh dari rak. Ini mencegah debu mengendap kembali di buku.

Buku juga dapat menarik hama seperti tikus, dan serangga seperti gegat dan kutu buku, yang akan meninggalkan jejak frass (kotoran larva); ini biasanya ditemukan di bawah punggung buku.

Cek Juga: Buku Bisnis

Jangan perbaiki buku sendiri

Jika Anda membeli atau memiliki buku langka yang sudah rusak dan halaman atau sampulnya sobek, lubang cacing, penjilidan retak atau lepas, dll., Anda mungkin tergoda untuk mencoba dan memperbaikinya sendiri. Pikirkan lagi! Dalam upaya melakukan perbaikan sendiri, Anda mungkin menyebabkan lebih banyak kerusakan pada buku dan mengurangi nilainya.

Selotip, kertas tempel, dan perekat rumah tangga biasa harus dihindari sebagai alat penandaan atau perbaikan halaman dan penjilidan, karena perekat akan mengering, mengubah warna kertas, dan meninggalkan residu permanen pada buku.

Jika Anda memiliki sampul atau papan yang longgar pada penjilidan, jangan gunakan karet gelang untuk menyatukan buku karena juga akan mengering dan menjadi rapuh dan retak. Untuk menyatukan buku, gunakan selotip kapas yang diikatkan di bagian atas dan bawah buku.
Nasihat spesialis untuk Inggris dan Irlandia

Jika Anda ingin buku langka Anda diperbaiki, ada baiknya menghubungi penjilid buku spesialis dan konservator yang akan menggunakan bahan arsip khusus untuk melakukan perbaikan.

Jika Anda berpikir untuk memperbaiki buku, perlu diingat bahwa konservasi profesional buku dan barang-barang kertas bisa menjadi proses padat karya dan mahal yang mungkin harganya lebih mahal daripada yang Anda bayarkan untuk buku itu.

Apa pun yang Anda putuskan, lebih baik membiarkan buku itu sendiri dalam keadaan rusak daripada melakukan perbaikan yang gagal.

Kunjungi Juga: Toko Buku Import

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *