Kilatan petir di dekatnya yang diikuti oleh retakan guntur tidak bisa membantu tetapi membuat Anda memperhatikan kekuatan alam. Dan ada baiknya Anda mendapatkan pengingat itu karena kilat membunuh lebih banyak orang daripada banjir, angin topan, atau tornado. Beberapa dari kematian tersebut berasal dari sambaran langsung, tetapi kebanyakan dari efek terdistribusi dari gelombang besar arus yang tercipta ketika petir menyambar. Arus tersebut dapat masuk melalui kabel listrik ke rumah Anda, merusak peralatan Anda dan membuat Anda berisiko – pesawat televisi Anda tidak kebal terhadap bahaya.

Petir

Tetesan air dan es dapat membawa muatan listrik. Selama badai petir, awan memisahkan muatan – mengirimkan muatan positif ke puncak awan dan muatan negatif ke pangkalan. Tidak ada yang benar-benar memahami mekanisme pemisahan muatan itu, dan tidak ada yang bisa secara meyakinkan menyatakan apa yang memicu petir untuk dimulai pada saat tertentu. Tetapi yang diketahui adalah bahwa muatan di awan terus terbentuk, menciptakan medan listrik antara awan dan tanah. Udara di antara bertindak sebagai isolator, mencegah arus mengalir, tetapi akhirnya medan listrik menjadi cukup besar dan arus mengalir.

Lihat Juga: Jual Panangkal Petir

Kekuatan Petir

Kebanyakan petir terjadi ketika arus negatif turun ke bumi melalui jalur termudah, mendekati permukaan selangkah demi selangkah. Semakin dekat, muatan negatif menarik muatan positif dari permukaan. Muatan positif bergerak ke atas di pita. Pita membuat jalur mudah ke permukaan; ketika mereka bertemu dengan para pemimpin yang mengarah ke bawah, sirkuit selesai dan sambaran petir menyambar.

Sambaran petir bergerak dengan kecepatan 100 juta kilometer (62 juta mil) per jam – dan beberapa sambaran dapat menempuh jalur yang sama begitu cepat sehingga mata hanya melihat satu kilatan yang berkedip. Baut itu lebih panas dari permukaan matahari, membawa arus ratusan ribu ampere dan mengandung 250 kilowatt-jam energi – lebih dari seperempat energi yang digunakan rata-rata rumah di AS dalam sebulan penuh.

Cek Juga: Harga Penangkal Petir

Bahaya Petir

Petir membawa banyak muatan listrik ke bumi – arus itu harus mengalir ke suatu tempat. Seperti kilat mencari jalur termudah di udara, arus di tanah juga akan mencari jalur termudah. Perairan terbuka mengandung elektrolit yang membuatnya sangat konduktif, sehingga arus dapat dengan mudah mengalir di sepanjang permukaan. Tanah lembab juga konduktif sampai batas tertentu. Namun, dalam kedua situasi tersebut, terdapat hambatan alami yang cukup sehingga arus mati dengan cepat. Tetapi jika petir menyambar atau dekat kabel listrik, gelombang arus dapat bergerak di sepanjang jalur tersebut – jalur yang mengarah langsung ke peralatan di rumah Anda.

Baca Juga: Pasang Penangkal Petir

TV Anda

Jika televisi Anda dan peralatan lainnya dicolokkan dan gelombang arus yang terus menerus masuk ke rumah Anda, sirkuit, transformator, dan kabel di dalamnya dapat dengan mudah kelebihan beban, meleleh dan bahkan terbakar. Jika Anda memiliki televisi tabung sinar katoda, kerusakan elektroda dapat melemahkan integritas tabung dan dapat meledak. Jika Anda memiliki gaya televisi yang lebih modern, efeknya mungkin tidak sedramatis itu – tetapi jangan mengandalkan televisi yang berfungsi setelah itu terjadi.

Anda dapat melindungi peralatan Anda dengan mencabutnya saat badai sudah dekat. Jika Anda tinggal di negara petir, ada baiknya juga memasang penangkal lonjakan petir di panel daya rumah Anda. Untuk lapisan perlindungan terakhir, Anda dapat mematikan pemutus arus utama rumah Anda selama badai.

Kunjungi Juga: Alat Penangkal Petir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *