Jangan membuat semuanya tentang bisnis. Chironis mengingat pepatah terkenal, “Orang akan melupakan apa yang Anda katakan, orang akan melupakan apa yang Anda lakukan, tetapi orang tidak akan pernah melupakan bagaimana Anda membuat mereka merasa.”

Fondasi dari jamuan bisnis yang sukses adalah hubungan yang sedang Anda bangun. Anda ingin orang lain merasa nyaman dan aman, dan Anda tidak ingin mereka menganggap rapat sebagai pertukaran bisnis yang steril.

“Anda ingin membangun koneksi dan menjadi pendengar yang baik,” kata Page. “Ajukan pertanyaan dan buat kontak mata dengan individu, dan lakukan pemanasan sedikit sebelum Anda menyelami apa yang Anda harapkan dari pertemuan ini.”

Chironis menambahkan bahwa penting juga untuk mengatakan sesuatu yang menarik jika mereka menanyakan kabar terbaru Anda.

“Alih-alih menanggapi seperti biasa, ‘Oh tidak ada, hanya sangat sibuk’, penting untuk memiliki sesuatu yang bisa didiskusikan dengan mereka,” katanya. “Misalnya, ‘Kami baru saja memulai proyek baru ini untuk menambahkan investasi berkelanjutan ke platform kami,’ atau sesuatu yang serupa dengan itu.

Pelajari etiket makan sebelumnya. Sejauh apa yang disebut Page sebagai “pengetahuan serbet” dan “ahli perak,” Anda harus benar-benar memahami etiket makan sebelum Anda duduk untuk makan dengan klien.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mempekerjakan saya karena seseorang di staf mereka melakukan sesuatu yang tidak pantas,” kata Page. “Misalnya, salah satu Wakil Presiden memotong makanan mereka dan menusuk pisaunya ke sepotong daging dan memakannya dari pisau, bukan garpu mereka.

Ada banyak kesalahan dalam makan, tetapi selama Anda meninjau dasar-dasarnya terlebih dahulu, Anda dapat menghindari tanda bahaya besar apa pun. Sejalan dengan itu, para ahli mendesak tuan rumah untuk menghindari sepenuhnya keluar dari mode bisnis, yang dapat dengan mudah dilakukan di lingkungan sosial seperti makan siang.

“Sangat mudah kehilangan fokus dan tiba-tiba berpikir bahwa ini adalah interaksi sosial,” kata Lori Reiner, CPA, chief people officer untuk EisnerAmper, yang berbasis di Philadelphia. “Ini bisa sangat sosial, tetapi pada akhirnya, ini bisnis. Ini seperti minum terlalu banyak di pesta liburan – Anda harus tetap berada di jalur bisnis Anda.

Hadir sepenuhnya. Mungkin lebih buruk daripada menusuk sepotong steak dengan pisau Anda adalah menghabiskan seluruh makan siang terganggu oleh telepon Anda.

“Kecerobohan terbesar [zaman modern] adalah memiliki smartphone itu di atas meja atau di pangkuan Anda secara diam-diam mencoba mengirim pesan,” kata Page. “Apa yang dikatakan orang lain bukanlah hal terpenting saat ini, yang tidak membuat siapa pun merasa baik.”

Page mendesak semua orang untuk meletakkan ponsel mereka pada mode senyap dan menjauhkannya dari pandangan selama makan.

“Hadir sepenuhnya di setiap pengalaman bersantap dan Anda akan dianggap karismatik,” katanya.

Pertimbangkan untuk mengajak seseorang. Beberapa jamuan bisnis lebih baik satu lawan satu, tetapi Reiner sering menggunakan makanan sebagai peluang jaringan untuk menghubungkan dua klien yang menghadapi masalah serupa atau menunjukkan tali kepada seorang bintang baru.

“Ketika saya bertemu dengan klien atau hubungan bisnis, saya selalu berusaha membawa seseorang, dan saya meminta mereka untuk melakukan hal yang sama,” kata Reiner. “Kadang-kadang saya akan membawa mitra lain, kadang-kadang seorang bintang baru yang sudah terhubung dengan pertunangan. Untuk mengembangkan generasi berikutnya sebagai penasihat bisnis tepercaya, sangat penting untuk mengajak seseorang, karena bagaimana lagi mereka akan belajar?”

Tindak lanjuti dengan ucapan terima kasih. Hal yang sangat kecil namun penting untuk dilakukan setelah jamuan makan bisnis adalah menindaklanjuti dengan cara tertentu, mungkin dengan catatan penghargaan atas beberapa informasi berguna yang mereka berikan kepada Anda saat makan siang atau sekadar berterima kasih atas percakapan yang menyenangkan. Dan tentu saja, jika Anda membuat rencana untuk makan di masa depan atau berjanji untuk menindaklanjuti dengan lebih banyak informasi, pastikan untuk segera melakukannya.

Cara Menyimpan Dan Merawat Buku Langka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *